Setelah hanya dua tahun di pasar, Ford memperkenalkan facelift untuk sedan segmennya, fokus. FORD FOCUS dirancang sebagai mobil dunia. Generasi pertama dijual di seluruh dunia dengan bentuk yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah yang terkait dengan peraturan yang berbeda di berbagai benua. Pada tahun 2001, para desainer mencoba, dan berhasil, memberi mobil baris baru yang membuatnya segar. Fokus dirancang dalam tren tepi-desain, yang menggabungkan garis yang panjang dan melengkung ke sudut tajam. Itu adalah cinta-itu atau membenci mobil yang mengubah perspektif banyak pembeli. Satu set lampu depan baru dipasang, dengan lensa untuk lampu depan yang meningkatkan visibilitas mengemudi malam. Sinyal belokan dipindahkan dari bumper di dalam lampu depan. Pada celemek bawah, gril yang lebih luas dipasang untuk meningkatkan kapasitas pendinginan. Di belakang, sedan fokus menerima lensa berbeda di atas lampu belakang dengan desain yang jelas. Interior menyimpan desain yang tidak biasa yang sama yang menggabungkan garis lengkung dengan sudut tajam untuk dasbor. Selain itu, ada peningkatan kualitas material, area di mana beberapa pelanggan memiliki beberapa keluhan. Sayangnya, tudung menyimpan mekanisme pembukaan hanya kunci yang sama, yang mengharuskan driver untuk menghentikan mesin, memindahkan oval biru dari grille ke samping, masukkan kunci, belok kiri dan kanan dan kemudian pop tudung. Ford memperbesar opsi mesin dengan diperkenalkannya mesin 1,4 liter sebagai versi dasar. Untuk opsi diesel, sedan fokus menerima dua versi baru untuk unit TDCI 1,8 liter yang sama.