Di pasar yang didominasi oleh mobil impor, Ford membuktikan bahwa itu bisa kompetitif dan menawarkan mobil untuk massa di masa-masa sulit dari krisis keuangan dunia. Ford memperkenalkan generasi kedua fokus untuk pasar A.S. pada tahun 2007 sebagai model tahun 2008. Tidak seperti saudara perempuannya, itu ditawarkan sebagai sedan dan coupe juga. Dalam versi sedan dapat dipesan dari mobil ekonomi hemat hingga model tur sporty. Mungkin hanya masalah selera, tetapi lampu depan Eropa lebih baik dengan bentuk tersapu. Model A.S. menampilkan bentuk garis-garis dengan sisi atas, seperti alis Spok Vulcanian. Tergantung pada level trim, grilnya hitam atau ditingkatkan dengan dua bilah krom horizontal. Para desainer tampaknya tidak bekerja terlalu keras untuk memasang grille persegi panjang yang sederhana di bumper bawah dengan lampu kabut bulat di samping. Dari sisi-sisi, sedan fokus dengan empat pintu menampilkan ventilasi udara yang tampak bagus, tetapi palsu, di belakang roda depan, dilanjutkan dengan garis naik ke belakang mobil. Ford memilih untuk bermain aman dengan plastik hitam dan trim perak di dasbor, tumpukan tengah, dan konsol tengah untuk interior. Pada cluster instrumen, para desainer menempatkan LCD di bagian bawah, dikelilingi oleh tata letak empat-dial. Untuk unit infotainment, Ford bekerja dengan Microsoft untuk mengembangkan sistem sinkronisasi, tersedia sebagai opsi. Fokus 2008 menampilkan hanya dua mesin 2.0 liter. Versi Bensin dipasang sebagai standar dengan manual 5-speed dan opsi untuk auto 4-speed, sedangkan versi diesel dipasang secara eksklusif dengan manual 5-speed.