Ford memperkenalkan generasi kedua fokus pada pertunjukan motor Paris 2004, dan, seperti pendahulunya, itu tersedia dalam beberapa bentuk tubuh, termasuk gerobak stasiun. Generasi pertama Focus adalah kesuksesan besar. Terlepas dari versi tubuhnya, baik sebagai hatchback, sedan, atau station wagon, pelanggan pergi untuk itu. Itu adalah langkah penting di depan para pesaingnya karena bahasa desain barunya dan suspensi independen di semua sudut. Generasi kedua adalah selangkah lebih maju, dan Ford meningkatkan mobil dengan cara yang mungkin. Dari luar, lampu depan mengikuti bentuk segitiga dari tema desain-tepi yang baru, tetapi mereka lebih kecil. Itu meninggalkan lebih banyak ruang untuk grille, yang lebih luas dan lebih sempit. Tidak seperti sebagian besar kendaraan kompak di pasaran, ini menampilkan kap yang diprofilkan dalam bentuk V yang menghubungkan gril hingga pilar-pilar. Stasiun-wagon memakai atap yang lebih panjang, diperpanjang di atas area bagasi. Terlepas dari penampilan umumnya, itu bukan fokus paling memanjang dalam barisannya. Judul itu pergi ke versi coupe-cabriolet. Di dalam, Ford menawarkan kendaraan dalam beberapa level trim, termasuk Ghia, sebagai versi mewah teratas. Upgrade yang paling signifikan adalah sel keamanan, yang menempatkan fokus di atas kelasnya dalam hasil uji crash EuronCap. Di bawah tenda, pembuat mobil memasang berbagai pilihan mesin berkisar antara mesin 80 hp 1.4 liter ke mesin 2.0-liter 145 hp. Versi St tidak tersedia untuk stasiun-wagon.