Freestyle adalah salah satu model transisi yang dibangun oleh Ford untuk membuat cross-link antara stasiun-wagon reguler dan kendaraan off-road. Itu berhasil menjadi penggantian MPV juga. Tidak seperti kendaraan off-road lainnya yang dibangun oleh Ford, Freestyle didasarkan pada mobil, unibody, struktur daripada bingkai-on-bingkai. Ini menggunakan platform D3, yang digunakan untuk Ford lima ratus, Volvo S80, dan Volvo XC90. Ini menggantikan stasiun Ford Taurus-Wagon di pasar Amerika Utara. Dari luar, fasia depan menunjukkan gaya unik dalam kisaran Ford. Grille-nya dikelilingi oleh elemen dan bumper berwarna tubuh. Lampu depan besar menampilkan desain persegi dengan sinyal belokan di luar. A-pilar Raked membuat kesan yang baik untuk aerodinamis, dan sisa mobil itu seperti stasiun-wagon. Di dalam, ada interior yang luas dan luas, dengan posisi mengemudi yang tinggi dan yang menguatkan gagasan SUV. Dasbor menampilkan pegangan di depan penumpang kanan depan, seperti yang ditemukan di Offroad-ER. Ada campuran segalanya, tetapi dengan selera yang baik. Kursi Kapten standar, dengan sistem lipat yang mudah untuk memungkinkan bagian ke bangku belakang. Bangku tengah ditawarkan sebagai pilihan, untuk meningkatkan kapasitas dari enam hingga tujuh penumpang, seperti dalam MPV. Terlepas dari kursi pengemudi, semua kursi bisa dilipat, mengungkapkan volume kargo hingga 85 CU-FT (2406 L). Itu lebih dari pada Ford Explorer. Untuk meningkatkan dan meningkatkan perasaan MPV, Freestyle dilengkapi dengan mesin Duratec 3.0 liter dikawinkan dengan CVT yang disediakan ZF.