Ford mengembangkan KA dalam proyek bersama di samping Fiat pembuat mobil Italia. Tetapi hasilnya jauh dari yang diharapkan. KA dibangun di Polandia di pabrik Fiat pada jalur perakitan yang sama dengan 500, panda, dan Lancia Ypsilon. Pada Oktober 2008, di Paris Motor Show, Ford memperkenalkannya sementara krisis keuangan dunia mengguncang industri otomotif. Ford membutuhkan mobil yang dapat menjual dalam jumlah besar untuk mengkompensasi kerugian finansial merek biru-oval lainnya. Itu disimpan di pasar selama hampir delapan tahun, tetapi dihentikan sesudahnya di benua Eropa. Desainnya adalah perpaduan garis lengkung yang digabungkan dalam sudut yang membuat mobil terlihat lebih besar. Tudung itu pendek, dan rumah kaca tinggi untuk memberi ruang bagi empat orang dewasa. Sulit untuk menyembunyikan bahwa kendaraan memiliki panjang kurang dari 12 kaki (3,6 m). Hatchback tiga pintu cocok untuk kota-kota yang ramai, dan bumper tinggi dirancang untuk mengurangi biaya perbaikan karena goresan parkir ringan. Desainer Ford memasang dasbor dua nada untuk meningkatkan daya tarik mobil di depan pelanggan. Dengan dasbornya yang ramah dan tongkat roda gigi yang dipasang tinggi, Ford membahas mobil itu kepada mereka yang membutuhkan mobil untuk bolak-balik perkotaan. Di belakang, hampir tidak ada ruang untuk tiga orang dewasa. Tempat duduk bangku belakang dilipat untuk memperluas trunk kecil. Sementara FIAT memasang unit bensin 1,4 liter, Ford menyimpan versi 1,2 liter dan mengambil mesin turbodiesel 1.3 liter Italia. KA ditawarkan secara eksklusif dengan gearbox manual 5-speed.