Ford mencoba untuk mendapatkan sepotong pasar SUV Eropa di pertengahan 90-an. Pada tahun 1993, ia bergabung dengan Nissan dan menempatkan Nissan Terrano II di pasar. Mobil itu diproduksi oleh Nissan di pabriknya di Spanyol. Maverick, seperti Terano II, ditawarkan dalam dua gaya tubuh. Wheelbase pendek tiga pintu dan jarak sumbu roda lima lantai. Pertama kali muncul pada tahun 1993 tetapi pada tahun 1996 Maverick menerima facelift. Fascia depan baru dengan lampu depan bundar dan lebih banyak krom membuatnya terlihat lebih baik bagi pelanggan. Untuk wheelbase panjang, opsi tujuh-kursi tersedia. Upgrade bagus lainnya ada di sisi teknis, di mana mesin diperbarui. Meskipun tidak menerima unit 3.0 liter seperti Terano II, itu berjalan dengan baik dengan turbodiesel 2,7 liter, ditingkatkan menjadi 125 hp dari varian pra-facelifted, yang hanya memiliki 101 hp. Torsi meningkat menjadi 278 nm (205 lb-ft). Unit bensin 2,4 liter kehilangan tenaga dan sejak 1996 hanya memiliki 118 HP, bukan 124 seperti sebelumnya. Sistem transmisi 4x4 adalah melalui kotak transfer dengan gigi tinggi dan rendah. Tidak ada perbedaan diferensial atau penguncian tengah yang ditawarkan. Maverick memiliki suspensi independen roda depan sedangkan gandar belakang tipe kaku dengan pegas koil dan bar anti-roll.