Meskipun masih merupakan bagian dari generasi pertama Mustang, coupe 1972 tampak berbeda, dalam tampilan yang lebih bergaya GT. Pada akhir 60-an, era otot-mobil berada pada puncaknya, dan pembuat mobil lain menawarkan mobil yang bisa berlari lebih cepat dari Mustang. Sudah waktunya untuk sesuatu yang lebih besar dan kuat, tetapi kendaraan asli '65 tidak dapat menangani mesin yang lebih besar. Setelah beberapa modifikasi, The 1972 Coupe diperkenalkan pada tahun 1971 dengan tubuh yang lebih luas untuk mengakomodasi mesin 7,0 liter (429 CI). Sayangnya, Ford mengapak mesin itu untuk model 1972. Tim desain mencoba mengikuti desain fastback asli, dengan beltline seperti gelombang. Karena alasan pemotongan biaya, panel pahatan sisi lebih sederhana dari sebelumnya, merusak efek aslinya. Ukuran pemotongan biaya lain adalah jendela belakang vertikal, ditempatkan di antara panel tubuh yang lebih panjang, yang menirukan b-pillars dari pendahulunya. Karena tubuh yang lebih besar, interiornya lebih lebar. Cluster instrumen jauh dari desain aslinya dan menunjukkan tampilan yang lebih konservatif dengan putaran dial, dan beberapa versi bahkan tidak menampilkan tachometer. Itu jelas mobil yang dibangun untuk bersaing di segmen GT tetapi mengenakan Badge Mustang di atasnya. Pada tahun 1972, Mustang kehilangan mesin blok besar dan tetap dengan unit 5,8 liter sebagai versi yang paling kuat. Dalam versi spesifikasi teratas, masih cepat, tetapi bukan binatang buas dulu.