Ford memutuskan untuk mengubah strategi Eropa dan memungkinkan peningkatan ukuran untuk zodiak, sementara konsul disimpan dalam kisaran ukuran menengah. Itu adalah saat yang tepat untuk Ford Eropa dan untuk Ford UK khususnya. Zodiak MK3 dirancang oleh orang yang sama yang menggambar garis Edsel, yang merupakan kegagalan total pada pasar AS. Dia diasingkan di U.K. dan membuat Cortina dan Zodiac yang sukses sebelum kembali ke AS. Untuk membuat van econoline. Setelah gagal merancang Edsel di A.S., Roy Brown menenangkan dan merancang lebih banyak kisi-kisi konvensional untuk merek Blue-Oval. Zodiak tersedia dengan mesin empat atau enam silinder. Yang lebih kecil menampilkan grille chrome lengkap dengan bilah vertikal, sedangkan versi enam silinder menampilkan desain split. Di dalam, Roy Brown memasang dasbor lurus dengan pelek bawah dan panel datar antara bagian atas dan bawah. Speedometer linear dan beberapa pengukur ekstra ditempatkan di depan pengemudi. Roda kemudi memakai dua jari berbentuk V. Berkat wheelbase besar, zodiak cukup nyaman untuk enam penumpang jika mobil dilengkapi dengan bangku depan bukannya dua kursi ember. Ford u.k. berpikir bahwa batang besar akan membantu penjualan, dan desainer memasang salah satu kompartemen bagasi terbesar di segmen tersebut. Bagi mereka yang meminta lebih, pembuat mobil itu menawarkan stasiun-wagon berdasarkan zodiak yang sama. Di bawah kap, Ford memasang 1,7 liter yang dibawa dari MKII dan mesin inline-enam 2.6-liter baru dipasangkan ke manual empat kecepatan dengan tuas roda gigi yang dipasang pada kolom kemudi.