Negara-negara Eropa Timur memiliki industri mobil dan kebanyakan dari mereka dibangun dengan dukungan Barat. FSO pembuat mobil Polandia adalah salah satunya dan model Polonez adalah contoh yang baik. Di Polandia, pemerintah sudah memiliki kesepakatan dengan Fiat sejak 1932 sehingga mereka melanjutkan dan melanjutkan bisnis mereka setelah WWII. Pada pertengahan '70-an, Fiat dan pemerintah Polandia bekerja bersama dan membuat generasi baru kendaraan, yang disebut FSO Polonez. Produksi dimulai pada tahun 1978. FSO Polonez adalah kendaraan fastback, yang mencoba menampilkan tampilan modern tetapi ditempatkan pada drivetrain yang lebih tua. Bagian depan menampilkan empat lampu depan bulat dan gril hitam. Kombinasi logam dan karet untuk bumper adalah konsep baru dan mobil yang diterima itu. Jelas bahwa FSO ingin membangun mobil modern dengan jumlah sumber daya yang paling sedikit. Keuntungan besar dari Polonez adalah bahwa karena itu adalah hatchback, ini menampilkan batang besar yang bisa diperpanjang dengan melipat kursi belakang kursi belakang. Di dalam, ada tata letak sederhana untuk dasbor dan tongkat roda yang dipasang di lantai. Ruang interiornya besar sesuai dengan standar '0-an. Tunnel transmisi mengambil ruang di dalamnya. Tidak ada fitur seperti power-windows, power-steering, atau central locking. Setidaknya, ini menampilkan rem daya. Sebagian besar mobil dibuat dalam versi lima pintu, tetapi jangka waktu terbatas untuk 300 unit dibuat juga. Mesin yang paling umum adalah unit bensin 1,5 liter yang menghasilkan 74 hp. Unit 1,3 liter juga tersedia, tetapi tidak begitu banyak diproduksi. Manual lima kecepatan adalah satu-satunya pilihan. FSO Polonez adalah mobil paling mahal yang dibangun oleh pembuat mobil Polandia.