GMC mencoba mengejutkan pasar dengan campuran antara SUV dan pickup dengan utusan XUV 2003, tetapi tidak berhasil. Terlepas dari kebutuhan pasar, pembuat mobil selalu berusaha membangun sesuatu yang berbeda untuk menarik pembeli yang berbeda. Kalau tidak, kita masih akan terjebak dengan kendaraan yang sama seperti tahun 1900-an. GMC berhasil menciptakan mobil-mobil besar dalam sejarahnya, tetapi utusan XUV tidak akan bergabung dengan mereka. Dalam pencariannya untuk menemukan wilayah baru, pembuat mobil itu ingat Studebaker Wagagangir dari tahun 60-an dan mencoba membuatnya lebih baik. Itu terjadi, tetapi idenya masih tidak berhasil. Sementara bagian depan mobil tetap mirip dengan sisa kisaran utusan, di belakang pintu depan, semuanya berubah. Atap menampilkan atap belakang power-geser yang mengungkap teluk kargo. Di belakang, tailgate dibuka atau diayun ke kanan. GMC bahkan menilai daerah teluk tahan air akan menjadi ide bagus, dan itu. Jika beban membuatnya kotor, pemilik hanya bisa mencucinya dengan mesin cuci listrik. Berkat saluran air samping, itu adalah pekerjaan yang mudah. Gerbang tengah menampilkan panel tengah untuk memperpanjang area kargo. Bangku belakang XUV dapat melipat dan memiringkan ruang ke depan dan kiri untuk dinding pemisah untuk melipat, membentuk area yang sepenuhnya datar dengan batang / tempat tidur. Dengan demikian, pemilik dapat memperpanjang ruang trunk dari 49 CU-FT (1.274 liter) hingga 95,2 CU-FT (2.695 liter). GMC menawarkan Utusan XUV dengan pilihan dua mesin: inline-Six dan A V-8. Sementara yang pertama tersedia dengan penggerak roda belakang atau versi AWD, yang terakhir hanya AWD.