GMC memperkenalkan Yukon XL pada sasis yang diperpanjang dari GMC Yukon, atau Chevrolet Tahoe, jika Anda mau, tetapi itu lebih mewah daripada keduanya. Wheelbase yang lebih panjang tidak hanya memberi ruang untuk tiga baris kursi. Ini juga meningkatkan ruang kaki untuk penumpang belakang. Dengan pengalamannya yang besar dalam membangun SUV, GMC mencoba membuat Yukon XL lebih baik untuk penghuninya, bahkan jika itu diterjemahkan ke dalam konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi. Dari luar, Yukon XL menawarkan fasia depan yang sama dengan sepupu pendeknya, dengan gril dan lingkungan lampu krom. Jendela belakang yang lebih panjang terbukti dari sisi-sisinya, dan begitu pula roda paduan chrome spesifik. Karena didasarkan pada sasis yang sama dengan pickup GMC Sierra, Yukon XL berdiri pada roda ukuran yang sama. Di dalam, ada banyak peningkatan bila dibandingkan dengan standar Yukon. Mobil itu dirancang untuk bekerja untuk agen resmi, dan itu hampir merupakan kendaraan mewah. Harga GMC - tepat di bawah escalade Cadillac yang baru diperkenalkan. Di dalam, SUV besar dipasang sebagai standar dalam konfigurasi tujuh kursi. Di bawah kap, GMC memasang mesin LM7 pada versi standar. Model opsi lengkap menampilkan mesin 6,0 liter V-8. Untuk aplikasi khusus dan lembaga penegak hukum, GMC menawarkan unit V-8 8,1 liter. Empat kecepatan dikendalikan secara elektronik.