Pada akhir 2004, Opel meluncurkan generasi kelima Opel Astra, juga dikenal sebagai Astra H. Pada tahun berikutnya, Holden meluncurkan versi kendaraannya untuk pasar Australia. Itu adalah evolusi desain yang baik selama generasi sebelumnya, tetapi dari sudut pandang teknis itu tidak berjalan dengan baik. Dibandingkan dengan Volkswagen atau kendaraan Jepang, suspensinya tidak persis berteknologi tinggi. McPherson di lengan depan dan trailing di belakang tidak persis apa yang dibutuhkan pasar di Australia. Dua versi diesel Astra ditawarkan: versi 1,9 liter dengan 100 kilowatt (136 hp) bekerja sama dengan transmisi manual enam kecepatan yang dikenal sebagai Z19DTH, dan model otomatis enam kecepatan dengan Z19DT, memproduksi 78 kilowatt (105 hp). Mesin khusus, hanya untuk Australia, adalah 2,2 liter unit bensin yang disuntikkan langsung Z22YH, yang menawarkan torsi 153 HP dan 220 Nm (160 lb ft). Di dalam kabin, Astra 5 pintu memiliki ruang yang cukup untuk empat penumpang, atau lima sempit. Batang itu tidak sebesar itu, tapi itu cukup. Mobil tidak laku di Australia dan station wagon diperkenalkan untuk meningkatkan penjualan. Sementara model dasar memiliki beberapa opsi, versi teratas dan trim dilengkapi dengan roda paduan cahaya dan pengaturan suspensi adaptif.