Salah satu model yang membuka jalan bagi mobil Jepang ke wilayah Hot Hatch adalah Civic EG. Bagi sebagian orang, ini misalnya tidak berarti apa-apa. Tetapi inisial ini digunakan untuk generasi kelima dari Honda Civic dan terutama untuk versi tiga pintu. Itu ditawarkan dengan berbagai mesin, dari 1,3 liter ekonomis dengan karburator ke mesin VTEC 1,6 liter yang kuat. Namun, untuk pasar Amerika, mesin dasar adalah unit 1,5 liter sementara orang Eropa telah menerima mesin 1,3 liter. Kedua mesin basis memiliki output serupa dengan 70 hp untuk 1,5 dan 75 untuk Eropa 1,3 liter. Tetapi Honda Civic bukan hanya tentang ekonomi dan mobil memenangkan hati banyak pelanggan karena mesin VTEC sporty-nya. Dengan perpindahan 1,6 liter, misalnya memiliki versi dengan 160 hp di Eropa, yang disebut VTI. Nomor kinerjanya sangat bagus bahkan hari ini dengan waktu akselerasi 0 hingga 100 kpj (0-62 mph) 7,3 detik dan kecepatan tertinggi 215 kpj (133 mph). Mesin berteriak pada 8000 rpm juga merupakan spesialisasi dari pembuat mobil Jepang. Di dalam kendaraan, desainnya agak membosankan. Ada waktu ketika Honda digunakan untuk menawarkan AC atau sunroof, tetapi tidak berdua di dalam mobil. Selain itu tidak ada fitur khusus di dalamnya dari kursi biasa, tongkat roda gigi dan setir.