Honda Civic telah berada di pasar selama beberapa dekade dan memiliki pasang surut. Tetapi dengan generasi 2005, itu berhasil. Pasar demam, pelanggan menyerbu pintu. Segera menjadi sipil yang paling dijual dalam sejarah model. Tampilan eksterior itu bisa dibilang atribut paling penting dari mobil. Hidung yang tajam dengan grille seperti cermin ditutupi dengan plastik bening, lampu sudut, dan kap pendek adalah kehadiran yang mengejutkan. A-pilar Raked diikuti oleh rumah kaca bundar seperti gelembung. Di belakang, kaca depan belakang yang terbagi secara horizontal dimasukkan ke dalam tailgate menyelesaikan bentuk keseluruhan. Bentuk asupan udara segitiga di apron depan ditemukan di belakang, sebagai ujung buang samping. Interiornya difokuskan pada pengemudi, dengan tumpukan tengah miring ke arah pengemudi. Cluster instrumen dipasang pada dua level, dengan speedometer di atas dan tachometer dan sisanya dial di cluster biasa di belakang setir. Posisi tempat duduk yang tinggi tidak begitu disambut oleh penggemar Honda, tetapi itu dihargai oleh pembeli pertama kali. Di belakang, ada cukup ruang untuk tiga penumpang dan sistem kursi ajaib memungkinkan bangku dibesarkan atau diturunkan. Sakit kembali dilipat dalam cara split, 60:40. Generasi kedelapan dari Civic dikritik oleh komunitas Honda karena struts depan McPherson dan lengan trailing belakang. Sebagian besar pendahulunya menampilkan suspensi depan double-wishbone dan multi-tautan di belakang. Kompromi itu dibuat oleh Honda untuk menyediakan ruang bagasi yang lebih besar. Mobil itu ditawarkan dengan dua pilihan bensin dan satu mesin diesel. Transmisi Standar adalah manual 6 kecepatan. Versi 5-kecepatan robotisasi ditawarkan untuk unit 1,8 liter.