Honda menganggap bahwa pembeli segmen kompak pantas mendapat lebih banyak perhatian dan menawarkan teknologi superior di pasar di mana kriteria utama harganya. Tidak ada pembuat mobil lain untuk menawarkan suspensi independen semua roda di segmen tersebut. Selain itu, ia menawarkan sistem yang kompleks yang bahkan tidak tersedia untuk kendaraan berukuran sedang. Akibatnya, ia memenangkan pertempuran kenyamanan melawan semua pesaing utamanya, dan pelanggan mulai memikirkan kembali anggaran mereka. Segera, generasi keempat dari Civic mulai mendapatkan hati pelanggan. Sekilas, itu tampak seperti pendahulunya, tetapi itu adalah mobil yang sama sekali berbeda. Itu menyimpan lampu horizontal persegi panjang yang sama dan persegi panjang dan gril kecil di bagian bawah bumper. Di belakang, tergantung pada level trim, Honda menawarkan trim merah yang menutupi area antara lampu belakang. Di dalam, dasbor tampak seperti teka-teki yang dibaut daripada satu unit. Pembuat mobil memasang radio di bawah sistem ventilasi, tidak di atas seperti kebanyakan mobil pembuat mobil lain di tumpukan tengah. Desain garis lurus dan tinggi rendah memberikan kesan yang sempit meskipun ada empat pintu bodywork. Tetapi karena wheelbasenya lebih panjang dari pada pendahulunya, ada cukup ruang untuk lima orang dewasa dalam perjalanan singkat. Untuk keluarga empat, dengan dua anak, itu adalah mobil yang sangat baik. Apalagi, seatback lipat standar memperpanjang kompartemen bagasi. Di bawah kap, Honda menginstal mesin yang disuntikkan bahan bakar saja, dan itu melegakan bagi sebagian besar pelanggannya. Semua versi dipasangkan dengan transmisi manual 5 kecepatan.