Honda meluncurkan generasi ketujuh dari Civic pada tahun 2000, dan itu tersedia dalam beberapa bentuk tubuh, dan mereka tidak memiliki terlalu banyak panel tubuh di antara mereka meskipun mereka dibangun di atas platform yang sama. Beberapa orang menganggap bahwa itu adalah langkah mundur untuk pembuat mobil Jepang karena menyederhanakan suspensi depan, yang dianggap terlalu rumit untuk sedan keluarga yang sederhana. Pembuat mobil beralih dari multi-link ke McPherson, yang menawarkan solusi efisien untuk mobil dari ukuran itu. Untungnya, itu menyimpan suspensi independen belakang, yang memberikan kenyamanan yang lebih baik, terutama untuk penumpang kursi belakang. Dari luar, versi tiga kotak menampilkan sikap aerodinamis dengan lampu depan yang efisien dan sinyal belokan yang dipasang di sudut yang dimasukkan ke dalam lampu utama. Ketinggiannya lebih rendah dari versi hatchback dan hanya sedikit lebih tinggi dari coupe. Di belakang, lampu belakang terbelah antara panel perempat belakang dan tutup bagasi, yang unik di antara saudara-saudaranya. Karena wheelbase, itu menawarkan ruang kaki yang cukup untuk penumpang kursi belakang, lebih besar dari pada versi hatchback. Berbeda dengan hatchback, itu menampilkan tongkat roda gigi yang dipasang di lantai dan tumpukan tengah yang diperluas ke konsol tengah. Di bawah kap, sedan ditawarkan secara eksklusif dengan mesin bensin berkisar antara 90 hp dan 131 hp, tergantung pada pasar. Versi hybrid menjadi tersedia pada tahun 2002.