Generasi kedua dan terakhir dari Hyundai Excel juga dikenal sebagai aksen di beberapa pasar, dan datang dalam beberapa bentuk tubuh. Sedan Excel / Accent adalah versi empat pintu, dan bertujuan untuk bersaing dengan generasi kelima Honda Civic dan Toyota Corolla. Meskipun tidak bisa mengalahkan model penjual top, itu bisa mendapatkan momentum yang cukup untuk membuka pintu untuk lineup aksen. Hyundai berada di ambang untuk meningkatkan modelnya. Itu tidak ingin menjadi mobil malang, dan itu pasti mencoba bermain ke liga yang sama dengan pembuat mobil Jepang lainnya. Tepi bundar, panel pintu melengkung, dan lampu belakang yang dipasang di sudut tidak menunjukkan ide-ide asli, tetapi tampilan keseluruhan mobil itu layak untuk saatnya. Di dalam, Excel menjatuhkan garis yang lebih tua dan lurus pada dasbor dan mengadopsi kurva untuk instrumen cluster dan panel pintu. Jendela-jendela yang diputar masih digunakan pada sebagian besar mobil di pasaran, tetapi yang didukung berada pada daftar opsi. Unit pendingin udara tersedia dengan biaya tambahan. Ruang interior baik untuk empat orang dewasa berukuran rata-rata. Anehnya, ruangan di depan tidak cocok untuk orang yang lebih tinggi, belum lagi ruang kaki kursi belakang. Di bawah kap, Hyundai memasang mesin bersumber Mitsubishi 1,3 liter dan 1,6 liter. Kemudian, di pasar tertentu, 1,8 liter membuat jalan di dalam Teluk Mesin.