Hyundai menawarkan generasi kedua dari Excel dalam beberapa bentuk tubuh. Versi tiga dan lima pintu bernama Pony. Pembuat mobil Korea menggunakan pony nameplate sejak 1975, dan tidak ingin menjatuhkannya dari lineup. Akhirnya, itu terjadi, tetapi antara tahun 1989 dan 1995, ia menggunakannya untuk Hatchback Excel. Orang Korea mulai meningkatkan produk mereka dan belajar dengan cara yang sulit bagaimana membuat mobil yang lebih baik. Sementara generasi pertama Excel tidak cukup baik, generasi kedua secara dramatis membaik. Hyundai merancang generasi kedua Excel dan Pony di studio mereka. Garis eksterior yang lebih halus pecah pola yang dibayangkan oleh Giorgetto Giugiaro untuk generasi pertama Excel. Lampu depan yang lebih ramping dan lebih lebar mengikuti era desain baru. Mobil ini menampilkan pintu yang sama dengan sedan untuk memotong biaya, tetapi memiliki pilar-C yang lebih tebal dan tailgate miring. Dasbor masih menyimpan beberapa jejak versi yang lebih lama, tetapi tidak ada garis keras lagi. Bahkan jika cluster instrumen digambar dengan tiga garis yang jelas, koneksi mereka dengan sudut yang lebih halus mengungkapkan tren desain baru untuk pembuat mobil Korea. Sementara mobil itu tepat untuk keluarga, ada sedikit ruang di belakang karena wheelbase pendek. Tetapi itu menawarkan unit AC pada sebagian besar level trim. Drivetrain mendapat manfaat dari pengembangan gearbox baru, baik otomatis maupun manual. Mesin empat pot menyediakan 72 hp dengan karburator atau 84 dengan sistem injeksi bahan bakar elektronik. Yang pertama tersedia di pasar tertentu.