Meskipun itu tidak cocok untuk kompetisi Jerman yang dibentuk oleh BMW M3 dan C-Class Class Mercedes-Benz, Jaguar menawarkan keseimbangan yang baik antara kemewahan, kinerja, dan harga. Jaguar mengembangkan XE sebagai pesaing langsung untuk BMW 3-Series dan C-Class Mercedes-Benz. Pembuat mobil itu menawarkannya dengan bensin dan mesin diesel, dengan drive belakang atau all-wheel. Itu adalah sedan kompak premium yang memiliki sesuatu untuk siapa pun, tetapi ada bagian terakhir untuk menyelesaikan puzzle: versi olahraga. Dan itu adalah XE300: bagian terakhir dari teka-teki. Dari eksterior, olahraga XE 300 tidak terlihat terlalu berbeda dari saudara-saudaranya. Itu tidak menampilkan teriakan untuk sayap perhatian, atau spoiler besar - hanya lencana kecil pada mesh-grille di bagian depan dan bumper depan yang sedikit berbeda. Spoiler bibir kecil ditambahkan pada tutup bagasi, tetapi itu tersedia untuk sisa kisaran dari daftar opsi. Interior menampilkan kursi olahraga-ember dengan huruf olahraga XE yang terlibat pada sandaran kepala. Kulit hitamnya dengan jahitan kontras dipasang sebagai standar, opsi yang tidak tersedia untuk sisa kisaran. Tetapi dari eksterior, sulit untuk memperhatikan itu. Sementara eksterior mencoba terbang di bawah radar, drivetrain adalah cerita yang berbeda. Jaguar menjatuhkan mesin Bensin Inline-Four Ingenium. 2,0 liter turbochargednya menyediakan 300 HP, yang dikirim di keempat sudut melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Yang mengatakan, itu menawarkan banyak kinerja dan pegangan pada permukaan yang longgar, terutama untuk pengemudi harian.