XF adalah model terakhir yang dikembangkan oleh Jaguar sebelum dijual oleh Ford ke Tata Industries pada 2007, dan pada 2011, ia menerima pembaruan penting di bawah manajemen baru. Sementara itu didasarkan pada jenis Jaguar S yang pertama, dan tidak berhasil, XF diterima dengan baik oleh pasar karena fitur desain dan interiornya. Beberapa dari mereka dibawa ke versi facelifted, tetapi yang lain tersesat di jalan. Dari luar, desain lampu depan baru cocok dengan bentuk bodywork. Versi non-facelift harus menggunakan sepasang lampu depan yang mengganggu tudung. Itu tampak ramping dan pilar-pilar Racun dan miring kembali menyerupai bentuk coupe empat pintu. Lampu belakang yang dipimpin benar-benar baru. Di dalam, XF memuat audiensnya karena ventilasi berputar dan tombol pemilih roda gigi putar yang naik dari konsol tengah. Sistem yang sama disimpan, tetapi gearbox itu baru. Cluster instrumen menampilkan tampilan warna antara tachometer dan speedometer dan layar sentuh infotainment baru diintegrasikan ke dalam tumpukan tengah. Tetapi beberapa tombol masih dilakukan dari model Ford bekas seperti Fiesta, atau dari Land Rover. Jaguar meluncurkan XF 2011 dengan mesin 2.2 liter baru. Itu adalah unit yang sama yang digunakan pada land Rover Freelander dan itu adalah hasil dari upaya bersama antara Ford dan PSA (Grup Peugeot-Citroen). Unit baru, 190 HP adalah janji untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Transmisi otomatis 8-percepatan juga baru. Pembaruan penting lainnya adalah mesin bensin Jaguar V8 baru 5.0 liter dengan waktu variabel. Ini menghasilkan jumlah daya yang hampir sama dengan unit supercharged sebelumnya.