Sementara tidak ada yang mengeluh tentang sedan XJ yang lambat atau kurang kuat, perusahaan Inggris tiba-tiba teringat bahwa mereka pernah mulia di trek balap. Dan mereka membawa XJR. Pada tahun 1997, Jaguar memutuskan bahwa ia memiliki cukup enam mesin inline untuk kendaraan kelas tinggi, sehingga memutuskan untuk memperkenalkan generasi mesin baru, unit AJ-V8. Seperti yang disarankan, mereka V8, dan insinyur perusahaan berpikir ada ruang untuk perbaikan, sehingga mereka menambahkan supercharger di atasnya! Dari luar, hanya ada beberapa petunjuk yang bisa memberi tahu seseorang bahwa itu adalah XJR. Tentu, ada jala perak-grille bukannya yang berwarna tubuh. Ada seperangkat roda paduan cahaya tertentu di mobil Inggris yang cepat dan empat pintu. Juga, ada knalpot ganda dengan setiap pipa di satu sisi kendaraan di belakang. Selain itu, generasi baru XJ, diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 1997, lebih ramping dan membuat banyak orang tinggi menangis karena rumah kaca atapnya rendah. Tetapi yang lain tidak peduli. Di dalam, itu adalah suasana mewah Inggris yang sama seperti sebelum dihiasi dengan kulit, kayu, dan bahan-bahan halus. Tombol-tombol dipasang di mana mereka seharusnya dan tidak tersembunyi di balik setir. Selector gear berbentuk J khas untuk Jaguar saja. Kamar di belakang cukup untuk penumpang berukuran rata-rata. Yang tinggi, di sisi lain, tidak senang sama sekali. Di bawah kap, XJR menampilkan mesin supercharged V8 4.0-liter yang baru dikembangkan yang menghasilkan lebih banyak daya daripada mobil sport XJS V12. Gearbox adalah 5G-Tronic yang dilakukan dari Mercedes-Benz. Hasilnya adalah sedan mewah yang mengejutkan cepat.