Jaguar memperkenalkan versi supercharged dari model andalannya XJ pada tahun 1994, dan pelanggan senang. Jadi, pembuat mobil Inggris terus menawarkannya ke generasi berikut. Pada tahun 2003, Jaguar memperkenalkan generasi ketiga dari seri XJ-nya dan, versi sportiest menampilkan mesin Supercharged V8 yang luar biasa. Tapi itu bukan hanya kekuatan di bawah tudung yang membuat mobilnya luar biasa. Itu adalah seluruh paket dengan bodywork aluminium, lengan aluminium dan struts, dan suspensi udara. Sebagai permulaan, XJR memakai gril yang berbeda dari sisa kisaran. Perak mesh-grille meniru tampilan mobil balap Jaguar yang lebih tua. Lampu baru menampilkan proyektor lensa yang membuat kendaraan terlihat modern. Berbeda dengan sisa paket, bumper depan XJR diturunkan dan diprofilkan secara aerodinamis untuk menyalurkan udara ke rem cakram depan. Untuk pasar Eropa, Jaguar harus menghapus patung kap karena peraturan perlindungan pejalan kaki baru. Di dalam, pembuat mobil memperkenalkan materi terbaru dan menggabungkan trim kayu dan aluminium, menawarkan tampilan sporty namun elegan. Di konsol tengah, pemilih Gigi J-Pattern disimpan. Karena itu di bawah kepemilikan Ford, itu tidak bisa menyingkirkan tombol Ford Fiesta yang mengubah tampilan mobil eksklusif. Di bawah kap, ada 4,2 liter V8 supercharged yang sama dari versi non-facelifted. Ini memberikan 100 HP lebih dari unit yang disedot secara alami. Jaguar berpasangan dengan mesin itu secara eksklusif dengan gearbox otomatis 6-percepatan.