Dengan Jaguar XJs berada di sekitar untuk tidak kurang dari 21 tahun penuh, sudah waktunya bagi Jaguar untuk mengatur hal-hal dengan benar dan datang dengan model baru. Jadi, pada tahun 1996, Jaguar memperkenalkan seri XK. Seri baru ini memiliki fondasi yang sama dengan XJ-S, namun, sasis telah kaku dan direvisi di luar pengakuan. XK tersedia sebagai convertible atau coupe, dengan sebagian besar penjualan yang dihasilkan oleh convertible. Untuk pertama kalinya, unit V8 dipasang pada seri baru Jaguar. Unit DOHC 4.0-liter menghasilkan torsi torsi tidak kurang dari 290 hp dan 290 pon. Tidak ada transmisi manual yang tersedia dengan Jaguar XK8 yang kemudian baru, alih-alih transmisi otomatis 5-kecepatan baru ditawarkan, menampilkan mode normal dan olahraga. Sporty XK8 dibatasi hingga 250 km / jam, yang lebih rendah dari mobil yang diganti, XJ-S. Di dalam, coupe menawarkan tempat duduk untuk 4. Sementara penghuni depan menikmati kabin lapang, kursi belakang baik untuk bagasi atau anak kecil. Kabin berkelas dilengkapi dengan panel instrumen Walnut, setir kulit dan pelapis kulit aromatik. Kursi-kursi nyaman menawarkan dukungan lateral yang hebat seperti dalam kendaraan mewah-mewah lainnya. Selain desain yang cantik mobil dan mesinnya yang kuat, XK datang dengan banyak fitur mewah pada saat itu: kontrol kapal pesiar adaptif, roda paduan, laba-laba xenon headlamps dan lainnya. Seri XK, sementara yang baru, tetap setia pada akarnya dengan inspirasi yang diambil dari tipe elektronik yang terkenal. Dengan akselerasi yang mudah, gesit dan kemudi yang tepat dan desain mewah, sedangkan mahal, XK memiliki kesuksesan besar.