Jaguar membutuhkan banyak waktu untuk mengganti model XJS yang sudah tua, yang diperkenalkan pada tahun 1975. Meskipun terlihat klasik dari Evergreen GT-nya, diperlukan model baru. Dan itu datang pada tahun 1996. British Carmaker mempekerjakan Ian Callum, yang mengambil inspirasinya dari Jaguar paling indah yang pernah ada hingga saat ini, tipe-E untuk merancang mobil. Butuh proporsi, gaya pembukaan kap, dan bentuk grille. Dia kecewa karena dia tidak diizinkan mengangkat kap bersama-sama dengan lampu depan. Ada peraturan keselamatan baru, dan itu mempengaruhi ide-ide Callum. Dari eksterior, XK8 convertible menampilkan tudung panjang dan rendah dan kaca depan yang sangat rakus. Jendela sampingnya sempit dan panjang. Untuk membawa lebih banyak cahaya ke dalam ketika bagian atas naik, Callum memasang satu set jendela di belakang kursi depan. Dengan top down, tidak ada antara pilar-a dan bagasi. Bahkan bagian atas lembut bisa sepenuhnya ditarik di belakang kursi belakang. Di dalam, Jaguar memasang XK8 dengan kursi ember yang nyaman dipasang untuk posisi duduk rendah, ideal untuk drive panjang. Itu adalah kendaraan GT, bukan mobil sport. Sementara dua penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman di kursi depan, di belakang, ada ruang untuk dua tas belanja dan, mungkin, payung. Di bawah kap, Jaguar memasang bagian teknologi terbaru mereka: mesin V8 4.0 liter. Itu dipasangkan ke gearbox otomatis 5-speed standar.