Jaguar memperkenalkan generasi kedua XKR di Frankfurt Motor Show 2005, dan pada tahun berikutnya, itu meluncurkan versi terbuka untuk itu. British Brand memiliki sejarah panjang kendaraan convertible, dan terus menawarkan mereka di pasar, dengan pendekatan gaya yang berbeda dari Ferrari atau Mercedes-Benz. Mereka dibangun untuk perjalanan panjang, dengan mesin yang kuat di bawah kap dan karisma khusus dalam penampilan mereka. Ian Callum merancang generasi kedua XK / XKR ketika ia bertanggung jawab atas Departemen Desain Jaguar. Dia terinspirasi oleh model E-Type 1961, yang terlihat pada gril oval mobil. Bagian bawah bumper menampilkan jala-grille yang berbeda dari sisa kisaran XK. Di kap, ventilasi ekstraksi membantu mendinginkan mesin. Jaguar XKR Convertible hanya membutuhkan 18 detik untuk membuka atau menutup soft-top. Meskipun wheelbase panjang, XKR adalah kendaraan 2 + 2, tetapi dengan kamar yang sangat terbatas di belakang karena kanvas-top disimpan di antara bangku dan bagasi. Di depan, sepasang kursi yang didukung adalah bagian dari permainan dan menawarkan dukungan sampingan yang baik dan kenyamanan yang cukup pada perjalanan panjang. Stopper angin bisa diletakkan di atas kursi belakang untuk mencegah turbulensi angin untuk penumpang depan. Konversi XKR ditenagai oleh mesin supercharged V8 4,2 liter yang baru dikembangkan. Ini mengirim 420 HP ke roda belakang melalui gearbox otomatis 6-percepatan.