Dikembangkan bersama dengan Porsche, Lada 111 adalah versi hatchback dari sedan Lada 110, dan diperkenalkan pada tahun 1999 oleh pembuat mobil Rusia Avtovaz. Transisi dari fiat 124 berlisensi dengan mesin karburat ke drive roda depan 1.6-liter mesin yang disuntikkan bahan bakar adalah lompatan besar di depan untuk pembuat mobil Rusia. Porsche Carmaker Jerman membantu para insinyur Rusia untuk mengembangkan mobil, dan proyek ini siap untuk berproduksi pada tahun 1990. Namun, peristiwa politik mencegahnya, dan program ini ditunda selama delapan tahun hingga kendaraan pertama diluncurkan dari kendaraan pertama. perakitan. Itu adalah Lada 110. Nanti, mobil menerima bentuk tubuh baru, seperti hatchback 112. 112 fitur yang lebih sempit, lampu persegi panjang. Grille-nya hampir sepenuhnya tertutup, hanya dengan potongan kecil di sisi bawah. Area pendingin tambahan dipasang di sisi bawah bumper. Hatchback menampilkan satu set jendela segitiga di belakang pintu belakang. Tambahan yang bagus untuk Lada adalah sayap opsional yang ditempatkan di atas tailgate, di sisi bawah jendela belakang. Di dalam, mobil menampilkan desain yang lebih dekat dengan kendaraan tahun 80-an daripada yang dari tahun 1995. Tidak ada airbag untuk pengemudi atau power-windows untuk tingkat trim standar. Di dalam cluster instrumen trapesium, desainer memasang huruf putih pada dial hitam dan jarum merah. Ada dua kursi di depan dan bangku di belakang dengan seatback lipat untuk memperluas area bagasi. Di bawah kap, Avtovaz memasang pilihan empat mesin berkisar antara 70 hp dan 94 hp. Tidak ada gearbox otomatis pada daftar opsi.