Samara adalah cara Rusia untuk mengatakan bahwa mereka dapat membangun mobil bahkan tanpa bantuan orang Italia, dan hasilnya membuktikan bahwa mereka tidak bisa, setidaknya pada tahun 1984. Pada tahun 1984, pembuat mobil Rusia Avtovaz memperkenalkan Samara ke pasar. Itu adalah kesuksesan besar bagi perusahaan Komunis untuk beralih dari mesin yang dipasang memanjang dan sistem penggerak roda belakang ke mesin depan transversal dan sistem penggerak roda depan yang lebih modern. Untuk melakukan itu, para insinyur mengambil inspirasi mereka dari pembuat mobil Eropa lainnya, di mana Lada menjual mobil. Lada adalah nama komersial untuk Avtovaz (yang merupakan akronim untuk pabrik mobil Volga). Form-fore-function adalah tema utama mobil, dan bentuk sedan adalah pilihan utama bagi pelanggan Rusia. Lampu depan yang tampak persegi dan gril baris yang hampir tertutup membangkitkan sistem desain sederhana dengan garis lurus. Di belakang, tutup bagasi datar dan sedikit miring sering dihiasi dengan spoiler kecil. Di dalam, ada bahasa desain kubis dengan garis lurus dan panel instrumen boxy. Speedometer yang sangat optimis menunjukkan kecepatan hingga 180 kpj (112 mph), sedangkan mobil itu dapat berjalan secepat 156 kpj (97 mph). Jendela-jendela engkol adalah satu-satunya cara untuk membukanya, dan hanya ada sistem ventilasi sederhana tanpa AC. Di pasar Eropa Barat, dealer menginstal aftermarket sistem audio dengan kaset stereo. Fitur yang tidak biasa untuk sedan adalah bangku belakang lipat, dibawa dari versi lima pintu. Di bawah kap, para insinyur Soviet memasang mesin bensin 1,3 liter atau 1,5 liter yang diberi makan karburator dan dipasangkan ke gearbox manual 5-speed. Nantinya, LADA memperkenalkan versi injeksi bahan bakar untuk versi 1,5 liter.