Lancia Beta Montecarlo seharusnya menjadi pengganti untuk penuaan Fiat 124 Coupe. Namun, Fiat memutuskan untuk pergi dengan alternatif yang lebih murah yang dirancang oleh Bertone, sehingga Montecarlo yang dirancang Pininfarina bergabung dengan keluarga Beta Lancia. Meskipun Lancia Lencana, Montecarlo lebih pininfarina, menjadi mobil pertama yang sepenuhnya berkembang oleh pelatih Italia. Pada tahun 1974, Lancia Beta Montecarlo diluncurkan pada tanggal 45 di Geneva International Motor Show. Kita dapat dengan mudah dibodohi dengan namanya, tetapi beta Montecarlo memiliki sedikit kesamaan dengan keluarga beta. Lancia Beta Montecarlo memiliki konfigurasi tengah engine dan roda belakang, berbeda dengan roda depan yang digerakkan oleh tata letak mesin depan. Paolo Martin dari Pininfarina memberikan bentuk montecarlo yang bersih dan modern, dengan ekor dan hidung yang kuadrat, serta sepasang sayap yang khas di sisi jendela belakang ke bibir tutup mesin berengsel. Fascia depan menampilkan headlamp persegi panjang dan hidung mobil dibungkus dengan plastik hitam. Awalnya, Montecarlo akan dilengkapi dengan powerplant v6 3.0 liter, namun, itu berakhir dengan unit 2,0 liter yang lebih kecil karena krisis minyak pertengahan 1970-an. Dengan unit kecil, kinerja mobil itu tidak gemilang, menawarkan hanya 118 hp. Dipasangkan dengan transmisi manual 5 kecepatan, Montecarlo membutuhkan waktu sekitar 9 detik untuk mencapai 100 kpj. Berkat tata letak bermesin menengah, bahkan jika mobil itu tidak menawarkan kinerja seperti supercar, Montecarlo memiliki sasis seimbang dan berhasil memberikan penanganan yang luar biasa.