Pada awalnya, Lancia Flavia dirancang sebagai saloon penggerak roda depan pertama Italia yang dikembangkan oleh Profesor Antonion Fesssia pada akhir 1950-an. Saloon boxy dirilis untuk mengisi kesenjangan antara Compact Lancia Fulvia dan Lancia Flaminia yang lebih mahal. Tuan Fesssia adalah seorang profesor teknik mesin, bersemangat tentang mobil penggerak roda depan. Dengan Flavia, ia menghitung bahwa berat model baru harus didistribusikan sehingga 62% perlu ditempatkan di atas roda depan untuk traksi yang sangat baik. Ketika Flavia diluncurkan pada tahun 1960 di Turin Motor Show, ini menampilkan mesin boxer 1,5 liter dan rem cakram empat roda. Unit 4-silinder 4,5 liter yang disedot secara alami mengembangkan 90 HP dan dikawinkan dengan gearbox manual 4-speed. Perpindahan mesin tumbuh dengan versi berikutnya. Segera setelah itu, flavia ditawarkan dalam berbagai gaya tubuh, semua dirancang dan dibangun oleh pembangun pelatih yang berbeda seperti tradisi kembali pada hari-hari. Coupe dirancang oleh Pininfarina, coupe sporty oleh Zagato dan konversi oleh Vignale. Michelotti merancang convertible untuk Vignale dan itu tidak terlalu berbeda dari salon, dengan desain persegi dan gaya depan Maserati, memiliki grille cemberut dan lampu depan kembar. Hanya 49 unit hand-drive yang dibuat untuk Inggris, namun, Vignale membangun total 1.601 convertion dua pintu.