Lotus memperkenalkan track-ready roadster di 2007 Geneva Motor Show, berdasarkan model exige yang sukses, tetapi lebih ringan dan lebih kuat. Gagasan Collin Chapman tentang mobil balap sederhana: berat badan rendah mengalahkan lebih banyak daya. Insinyur Lotus membawa gagasan itu ketika mereka merancang 2 sebelas dan menawarkan rasio power-to-bobot yang mirip dengan mobil Formula 1 tahun 1960-an. Tetapi pembuat mobil membangun kendaraan juga untuk penggunaan jalan. Biasanya, mobil balap tidak dapat berhasil di jalur jika harus membawa semua bobot berbagai fitur yang diperlukan untuk kendaraan jalan-jalan. Itu tidak perlu airbag atau konverter katalitik di trek, tetapi itu membutuhkannya di jalan. Lotus membangun 2 Eleven sehingga bisa didaftarkan. Untuk itu, ia menambahkan lampu depan. Roadster dua kursi tidak memiliki kaca depan atau atap yang dapat ditarik. Itu adalah kendaraan bergaya barchetta dengan kemenangan besar di belakang dan roll-cage di belakang kursi olahraga. Roadster tersedia dengan satu atau dua kursi dan dengan harness enam poin. Hukum U.K. memungkinkan mereka untuk penggunaan jalan, sedangkan untuk negara lain, mereka harus ditemani oleh sabuk pengaman tiga titik reguler. Tidak ada karpet atau bahan mati-mematikan. Itu adalah kokpit telanjang logam dengan panel datar di mana Lotus memasang dua panggilan di depan driver. Lotus memasang mesin di tengah, antara kursi pengemudi dan gandar belakang. Itu adalah mesin 1,8 liter supercharged yang dipompa untuk menyediakan 255 hp. Itu dipasangkan ke gearbox manual 6-speed, rasio, manual.