Maserati memperkenalkan generasi kelima model andalannya, quattroporte, pada tahun 2003 dan menyiapkan beberapa peningkatan selama bertahun-tahun, seperti versi Olahraga GT S 2009. Maserati dikenal karena kendaraan GT berkinerja tinggi dan limusin presiden yang disediakan untuk pemerintah Italia. Biasanya, kedua area ini tidak digabungkan, tetapi ada beberapa pengecualian, seperti versi olahraga GT S. Itu bukan mobil balap, tapi itu juga tidak limusin. Lebih tepatnya untuk menyebutnya ecan-sport-ecan. Maserati Quattroporte 2009 tampak lebih agresif karena lampu luring Daytime yang baru dipasang di dalam headlamps. Grille-nya dengan bilah vertikal dan lencana Trident di tengah membedakan dirinya di antara sisa sedan premium dari kelasnya. Itu adalah mobil yang dirancang oleh Pininfarina Studios, yang menggunakan jalur yang mengalir untuk membuat sampingan yang terinspirasi oleh kendaraan GT Maserati lainnya dan memasukkan lencana Trident pada C-Pillars. Pembuat mobil Italia menyiapkan paket khusus dengan multi-spoke spesifik 19 "roda paduan cahaya untuk versi olahraga GT S. Pembuat mobil menurunkan ground clearance untuk lebih banyak drama ketika menginstal sport suspension untuk edisi khusus. Di bawah tudung, Insinyur Italia menyetel mesin V bersumber Ferrari untuk menyediakan lebih banyak kuda poni. Berkat 440 hp dan gearbox otomatis 6-percepatan, Quattroporte Sport GT S bisa roket dari 0 hingga 100 kpj (0-62 mph) dalam 5,1 detik dan , tidak seperti saingan utamanya yang utama, itu bisa naik hingga 285 kpj (177 mph).