Mazda 6 / Atenza 2002 datang di pasaran sebagai pengganti mantan model 626, yang didasarkan pada platform yang sama dengan model kompak 323. Mazda datang di pasaran dengan baik untuk semua jenis pelanggan. 6 tersedia sebagai sedan, hatchback, dan station wagon. Ini mengikuti resep yang sama yang digunakan oleh Opel untuk vectra dan oleh Ford untuk Mondeo. Berbeda dengan saudaranya biru-oval, 6 / atenza menampilkan desain yang lebih berani dan gambar yang lebih sporty. Versi hatchback memiliki tampilan sporty karena dirancang lebih seperti fastback daripada hatchback biasa. Sementara pembuat mobil penuh dengan pelanggan yang harus memutuskan antara sedan dan station wagon, masih berusaha memberikan pasar hatchback. Berkat kursi ember standarnya, 6 / Atenza dihargai karena kenyamanannya, sementara pemulihan yang tinggi baik untuk memegang penghuninya di tempatnya selama menikung keras. Di belakang, Mazda memasang bangku lipat split yang dapat memperluas ruang bagasi. Platform Mazda6 tahun 2002 digunakan untuk lebih banyak kendaraan di dalam Ford Motor Company. Pada saat itu, Mazda berada dalam kemitraan dengan perusahaan Amerika. Ford Edge, Lincoln MKX, dan Zephyr atau CX9 SUV dari Mazda dibangun pada arsitektur yang sama, dengan suspensi independen semua roda. Sebagian besar Mazda6 memiliki penggerak roda depan. Mesin bervariasi dari 1,8 liter dengan 125 hp hingga 220 hp dari v6 3.0 liter di beberapa pasar. Transmisi yang ditawarkan adalah manual lima atau enam kecepatan. Untuk versi otomatis, ada empat atau lima kecepatan transmisi yang tersedia, tergantung pada mesin.