Sedan ukuran menengah Mazda 2002 adalah hit desain, dan dasar-dasarnya bagus. Satu-satunya masalah adalah karat, yang merusak gambarnya yang bersih dan menyenangkan. Ketika generasi baru menggantinya, tubuhnya tidak terlihat tua. Beberapa kendaraan yang lebih baru tampak lebih tua dari Mazda6 / Atenza generasi pertama. Desain yang tajam, tampilan sporty, dan tiga pilihan bodywork membantu pelanggan di seluruh dunia untuk memilih mobil. Rentang engine yang luas dapat memuaskan sebagian besar pelanggan pasar mobil ukuran menengah. Mazda 6 tersedia dalam beberapa level trim, dengan opsi tertentu diinstal. Versi teratas memiliki sistem sat-nav, konektivitas Bluetooth, dan sistem suara Bose. Kursi ember dipasang pada trim sportier, tetapi bahkan yang standar baik untuk memegang penghuni mereka di tempat saat menikung. Platform yang digunakan pada Mazda6 2002 sebenarnya digunakan untuk lebih banyak kendaraan dari Ford Motor Company. Pada saat itu, Mazda berada dalam kemitraan dengan perusahaan Amerika. Ford Edge, Lincoln MKX, dan Zephyr atau CX9 SUV dari Mazda dibangun di atas arsitektur yang sama, dengan suspensi independen all-wheel dan semua-roda-drive atau pilihan penggerak roda depan. Yang mengatakan, sebagian besar Mazda6 memiliki penggerak roda depan. Mesin bervariasi dari 1,8 liter dengan 125 hp hingga 220 hp dari v6 3.0 liter di beberapa pasar. Transmisi yang ditawarkan adalah manual lima atau enam kecepatan. Untuk versi otomatis, ada empat atau lima kecepatan yang tersedia, tergantung pada mesin.