Mazda mengikuti ide Ford untuk membangun tiga bentuk tubuh pada platform sedan ukuran menengah yang sama dan menawarkan 6 / Atenza Station Wagon. Ford memiliki sebagian besar Mazda sejak 1996, dan sebagai bagian dari rencana berbagi platform dan mesin di antara merek. Itu sebabnya Mazda 6 menerima platform Mondeo, dan itu adalah langkah yang baik. Pembuat mobil Jepang dikenal karena produk-produk sporty-nya, mulai memutar roadster terlaris secara global, MX5. Di sisi lain, perlu menjual kendaraan untuk semua Joes dan Janes, dan stasiun-wagon adalah solusi ideal bagi keluarga muda yang tidak menyukai MPV. Desainer Mazda memutuskan untuk menggabungkan garis-garis lengkung dan sudut yang tajam. Lengkungan roda depan diperbesar, dan lampu depan-back-back membangkitkan mata prajurit Samurai. Kabupaten pentagonal berbentuk V yang sedang menyapu meningkatkan tampilan sporty kendaraan. Meskipun lebih tinggi, lebih luas, dan lebih lama dari pendahulunya, itu lebih ringan oleh 35 kg (77,2 lbs) pada tingkat trim yang sama. Dalam bentuk station wagon, 6 / atenza sedikit lebih panjang dari sedan dan hatchbacks saudara. Interiornya besar dan nyaman untuk empat penumpang dewasa. Sementara kursi ember depan menampilkan pemegang tinggi rata-rata, bangku lipat split di belakang menampilkan tiga headrests. Tergantung pada level trim, Mazda memasang sistem suara bose dan sat-nav. Di bawah kap, Mazda memasang berbagai mesin. Sebagai permulaan, 1,8 liter dianggap cukup baik, sebagian besar untuk penggunaan armada. Tergantung pada pasar, 6 menawarkan turbodiesel 2.0 liter yang bersumber Ford. Karena penangguhan independen di semua sudut, ia menawarkan penanganan dan kenyamanan yang baik.