Pada 8 Desember 1982, pers dan publik memiliki kejutan besar dari Mercedes-Benz. Baru 190 dan 190 E disajikan. Itu tidak memiliki pendahulunya, itu tidak menggantikan apa pun. Itu baru permulaan. Desain sudut mobil adalah kejutan dan membuat kendaraan lain dari era untuk terlihat ketinggalan jaman. Perbaikan besar di area pengaman menunjukkan dunia bahwa "Baby-Benz" sama amannya dengan salon-s-class. Itu dimulai dengan dua varian engine, satu dilengkapi dengan karburator, dan yang lain dengan injeksi bahan bakar mekanis disediakan oleh Bosch. Pada tahun 1983, 190 D dan 2.3-16 diperkenalkan. D memiliki mesin diesel 2.0 liter yang sangat hemat bahan bakar pada 72 hp. 2.3-16 memperoleh penghormatan untuk beberapa catatan dunia di jalur balap Nardo di Italia. Ini mencapai rekor jarak jauh seharga 25.000 km, 50.000 km dan 25.000 mil dengan kecepatan rata-rata 250 kpj (155 mph). Kinerja itu dimungkinkan karena mesin 2,3 liter yang disuntikkan bahan bakar yang memiliki arsitektur kepala silinder 16 katup dan menawarkan 186 hp. Suspensi belakang multilink baru itu revolusioner. Setiap roda belakang dipimpin oleh lengan kontrol independen. Sistem menghindari pergerakan kemudi yang tidak diinginkan. Sebagai nilai tambah, ia menawarkan lebih banyak kenyamanan dan lebih ringan dari sistem suspensi belakang lainnya.