W210 Mercedes-Benz E-Class E50 AMG hanya dibangun selama setahun, tetapi sudah cukup untuk mengguncang Mercedes World. Sedan mid-seukuran bisa berlari, dan mengaum. Setelah BMW mengambil alih biaya dengan Sedan-Sedan BMW M5, Mercedes-Benz harus memberikan jawaban yang tepat untuk pembuat mobil Bavaria dan pesaing yang paling ganas. Mereka menugaskan Tuner AMG untuk mengerjakan keajaiban mereka di atas mobil dan hasilnya melebihi harapan. Dari luar, E50 AMG sulit dibedakan dari E-Class biasa. Ada bumper depan yang sedikit berbeda. Perbedaan utama adalah pada roda, yang menampilkan desain yang berbeda dengan pusat besar dan lima jari lebar dan pendek. Di belakang, karena pipa knalpot tersembunyi di bawah celemek belakang, bahkan lebih sulit bagi seseorang untuk membedakannya, terlepas dari lencana E50 Chrome, yang merupakan biaya nol untuk menghapusnya dari pabrik. Interior biasanya hitam dengan kursi ember di bagian depan dan samping. Sementara E-Class berorientasi pada perjalanan yang nyaman, AMG difokuskan pada sisi pertunjukan. Cluster instrumen hampir identik dengan sisa kisaran, kecuali untuk lencana AMG pada speedometer. E50 AMG menampilkan mesin V8 dasar 5.0 liter yang sama dari model E500, tetapi dengan header dan pengaturan injeksi yang berbeda. Ini menawarkan 347 HP dan dikawinkan dengan gearbox otomatis 5-speed standar. Catatan resmi menyatakan bahwa mobil itu mampu meroket dari 0 hingga 100 kpj (0-62 mph) dalam 6,2 detik, tetapi tes independen menunjukkan bahwa itu bisa mendapatkan serendah 5,8 detik.