Pada tahun 2000, generasi baru G-Class diluncurkan. Itu bukan perubahan besar dari sudut pandang desain. Pada 2007, dan 2012, menjalani dua facelift lainnya. Pada tahun 2005, G-Class hampir diakses dari jalur perakitan setelah 26 tahun produksi. Ada beberapa pertimbangan yang akan diperhitungkan mengenai norma-norma pendaftaran di masa depan seperti perlindungan pejalan kaki dan emisi gas buang. Setelah pemungutan suara, papan MB memutuskan untuk menjaga kendaraan di barisannya. Pada tahun 2006 beberapa perubahan dilakukan pada mesin dan sistem transmisi sehingga mobil bisa mendapatkan lencana Euro 4 untuk versi diesel-nya. Unit bensin sudah sesuai dengan norma emisi. Facelift 2012 memperkenalkan interior yang sepenuhnya didesain ulang dengan tampilan 7 "terapung. Layar TFT menemukan tempatnya di dalam cluster instrumen baru, antara putaran, chrome, dial. Pelanggan tidak terlalu senang dengan pemilih roda gigi yang dipasang di kolom untuk transmisi otomatis, sehingga dibawa kembali ke lantai. Mesin baru, Euro6, membawa lebih banyak daya dan emisi pembersih untuk kelas G-Boxy yang besar. Versi Base menampilkan turbodiesel 3.0 liter, sedangkan versi teratas ditenagai oleh v8 turbocharged 5.0 liter. Kedua versi dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan standar. Bagi mereka yang menginginkan G-Class sebagai pekerja keras dan tugas off-road, versi khusus bernama G300 CDI Professional tersedia dengan daya lebih sedikit dan lebih sedikit pilihan. Model teratas adalah G65 AMG, yang merupakan kendaraan 4x4 paling kuat di dunia.