Mobil mewah tahun 1954 dari Mercedes-Benz diperkenalkan: 220, atau W180 karena dikenal dalam sistem pengkodean internal. Itu didasarkan pada konsep desain baru, dalam hubungan dekat dengan model 180. Bahasa desain secara drastis berubah kurang dari satu dekade setelah WWII. Era lengkungan roda berkobar, kompartemen mesin tinggi dan sempit, dan kabin yang diakhiri secara vertikal sudah berakhir. Tip 180 membawa gaya baru, bernama Ponton, dengan kompartemen mesin yang lebih luas dan fender siram dan panel pintu. Batang mulai terlihat berbeda, dengan tutup horizontal. 220 mengikuti isyarat desain yang sama tetapi dalam ukuran yang berbeda. Ada peningkatan wheelbase pada 170 mm (6,7 ") menghasilkan 70 mm (2,75") lebih banyak ruang kaki untuk penumpang belakang dan tambahan 100 mm (3,93 ") untuk kompartemen mesin, diperlukan untuk mengakomodasi mesin enam silinder . Hambung mengelilingi grille radiator hampir ke bumper. Interiornya nyaman untuk lima penumpang. Tuas gear-shift dipasang ke kolom kemudi dan dashboard menampilkan tampilan yang elegan, dengan jam analog persegi di tengah. Panel instrumen menampilkan speedometer bundar di tengah dan dua pasang pengukur yang ditempatkan secara simetris ke kiri dan kanannya. Untuk menambahkan lebih banyak kenyamanan untuk pengemudi, ada opsi untuk kopling yang diaktifkan secara hidraulik. Kompartemen mesin dirancang untuk mesin inline-enam. Semuanya dimulai dengan unit 2,2 liter yang menawarkan 85 hp, sedangkan versi teratas menampilkan unit 115 hp dari perpindahan yang sama, tetapi dengan bantuan sistem injeksi bahan bakar mekanis. Semua versi menampilkan gearbox manual 4-speed.