Ketika BMW menjual merek Rover, itu membuat MINI untuk mengejar rencananya untuk berkembang di pasar kendaraan premium segmen kecil. Model pertama yang diperkenalkan oleh merek Inggris setelah keterlibatan Jerman adalah hatchback mini pada akhir 2000. Styling desain retro-nya tidak meninggalkan kebingungan mengenai asal-usulnya, dan BMW terjual lebih dari satu juta unit waktu produksi. Bentuk bulat R50 baru, mini adalah kesuksesan instan di pasar. Itu lebih dari item mode daripada perangkat transportasi. Bahkan jika itu berharga lebih dari sebagian besar kendaraan segmen kecil yang tersedia, pelanggan premium senang. Tergantung pada level trim, mobil memakai kisi-kisi berwarna krom atau berwarna di bagian depan. Untuk versi Supercharged (Cooper S), pembuat mobil memasang asupan udara di kap mesin. Di dalam, mobil itu berbeda dari apa pun di pasar. Dengan sakelar terinspirasi oleh pesawat WWII dan dial bundar besar ditempatkan di atas tumpukan tengah, mini berbeda. Ini menawarkan posisi duduk rendah dan desain gaya retro untuk tongkat roda gigi. Di belakang, itu menyediakan ruang untuk dua orang dewasa di bangku lipat-split. Di bawah kap, mini menginstal tiga pilihan mesin. Pembuat mobil memasang unit 1,4 liter untuk pasar tertentu, sementara seluruh dunia menerima versi 1,6 liter. Model Cooper S menerima powerplant empat pot 1,6 liter supercharged. Versi diesel datang kemudian, dan Mini membawanya dari Toyota. Satu elemen kunci untuk mini adalah suspensi independen di semua sudut, fitur unik di segmen kecil.