Nissan sudah memperkenalkan generasi baru Navara pada 2005 tetapi menjaga mantan generasi di pasar dengan harga lebih rendah. Sementara semakin banyak pelanggan sedang melihat truk pickup sebagai kendaraan rekreasi dan meminta lebih banyak fitur on-board, ada pasar besar lain untuk kendaraan utilitas yang berdedikasi, off-road. Klien-klien tersebut tidak menginginkan lebih dari unit pendingin udara dan empat pintu untuk masuk dan keluar dari situs kerja. Nissan disimpan untuk mereka pickup seri D22 yang lebih tua di pasaran. Itu tersedia dalam beberapa pilihan tubuh, termasuk taksi ganda dengan empat pintu biasa. Di depan, D22 menampilkan fascia yang diperbarui dengan lampu depan yang jelas dan bumper plastik hitam. Sendok hitam hood menyediakan udara tambahan untuk intercooler. Itu tidak hanya ada untuk keperluan desain. Versi empat pintu menampilkan gagang pintu hitam dan, tergantung pada level trim, chrome door-mirror. Nissan mengerti bahwa pelanggannya menyukai mobil mereka dengan lebih banyak fitur, terutama jika mereka menggunakannya untuk penggunaan waktu luang, seperti berburu atau berkemah. Di dalam, Nissan NP300 Double Cab menawarkan ruang untuk lima penghuni, dengan bangku biasa di belakang dan lebih banyak ruang kaki daripada di versi Extended-Cab. Bahkan di tingkat dasar, pembuat mobil memasang lebih dari sekadar unit pendingin udara dan jendela-jendela engkol. Stereo dipasang sebagai standar di seluruh kisaran. Di bawah tenda, Nissan memasang mesin turbodiesel 2,5 liter di NP300. Satu-satunya transmisi yang tersedia adalah manual 5 kecepatan. Tidak seperti saingan utamanya, Toyota Hi-Lux, D22 menampilkan sistem 4x4 dengan kotak transfer dan gigi rentang rendah.