Generasi kedua Nissan Terrano Eropa diperkenalkan ke pasar pada tahun 1996 dan itu adalah program pengembangan bersama dengan Ford. Sementara Ford Maverick ditarik, Terano II melanjutkan perjalanannya di pasar hingga 2006 dalam versi 3 dan 5 pintu. Untuk versi Eropa, Nissan Terrano II menerima platform bodi-on-frame, dengan suspensi independen depan dan gandar belakang. Itu bukan spesialis off-road hard-road sebagai patroli kakaknya yang lebih besar, tetapi dipuji karena naiknya yang nyaman di trotoar. Penanganannya bukan keuntungan terbesarnya. Eksteriornya kompak, dengan tepi bulat. Era bentuk baji sudah hilang. Terrano II menampilkan beltline naik dengan langkah di atas roda belakang. Pada tahun 2002 ia menjalani facelift terakhir yang membawa mesin yang lebih baik dan setrip-over dari Nissan Primera. Di dalam, Terano II tersedia dengan lima kursi, baris terakhir dipasang di atas gandar belakang. Tidak terlalu banyak ruang kaki untuk penumpang dan tidak ada ruang bagasi. Dasbor menampilkan tata letak seperti mobil, dengan tumpukan pusat dan sistem audio yang dipasang tinggi. Di bawah kap, ada mesin diesel 2.7 liter yang sama, tetapi unit baru, 3,0 liter diperkenalkan. Itu sama digunakan untuk kakaknya yang lebih besar, Patroli Nissan. Semua versi adalah paruh waktu 4x4 dengan gigi jarak rendah dan transmisi standar adalah manual 5-speed. Tergantung pada pasar, opsi untuk 4-speed otomatis ada pada daftar opsi.