Generasi kedua Nissan Terrano Eropa diperkenalkan ke pasar pada tahun 1996 dan itu adalah program pengembangan bersama dengan Ford. Sementara Ford Maverick ditarik, Terano II melanjutkan perjalanannya di pasar hingga 2006. Untuk versi Eropa, Nissan Terrano II menerima platform body-on-frame, dengan suspensi independen depan dan gandar belakang. Itu bukan spesialis off-road hard-road sebagai patroli kakaknya yang lebih besar, tetapi dipuji karena naiknya yang nyaman di trotoar. Penanganannya bukan keuntungan terbesarnya. Dari luar, garis atap naik diperlukan untuk menawarkan lebih banyak ruang kepala untuk penumpang belakang, tetapi itu adalah ide yang sama yang diperkenalkan oleh Land Rover Discovery. Terano II menampilkan beltline naik. Pada tahun 2002 ia menjalani facelift terakhir yang membawa mesin yang lebih baik dan setrip-over dari Nissan Primera. Di dalam, Terano II tersedia dengan tujuh kursi, barisan terakhir dipasang di area bagasi. Bangku lipat cukup lebar untuk memuat dua penumpang dewasa yang ramping, tetapi dengan pinggul dan ruang kaki terbatas. Dasbor menampilkan tata letak seperti mobil, dengan tumpukan pusat dan sistem audio yang dipasang tinggi. Di bawah kap, ada mesin diesel 2.7 liter yang sama, tetapi unit baru, 3,0 liter diperkenalkan. Itu sama digunakan untuk kakaknya yang lebih besar, Patroli Nissan. Semua versi adalah paruh waktu 4x4 dengan gigi jarak rendah dan transmisi standar adalah manual 5-speed. Tergantung pada pasar, opsi untuk 4-speed otomatis ada pada daftar opsi.