Generasi kedua Nissan Xterra diluncurkan di New York Auto Show 2004 sebagai model model 2005. Itu didasarkan pada platform baru dan ditawarkan dengan mesin baru. Generasi kedua Xterra didasarkan pada platform Nissan F-Alpha yang terbukti, yang menggunakan sasis tangga dengan suspensi independen depan dan gandar belakang yang solid, atau penangguhan independen tergantung pada mobil. Itu digunakan untuk kendaraan berat seperti Nissan Armada atau model Patroli Y62. Xterra lebih pendek dan lebih ringan dari yang disebutkan di atas dan yang membawanya beberapa keuntungan. Dari luar, Xterra dibentuk dengan atap step-up di atas kursi belakang dan bagasi, entah bagaimana seperti generasi kedua Nissan Terrano. Sisi depan kendaraan menunjukkan desain yang rumit dibentuk oleh garis lurus dan miring melintasi gril dan ke bumper. Versi atas memiliki bumper berwarna tubuh. Fleksibilitas interior telah ditingkatkan dalam beberapa cara juga. Kursi belakang split-folding 60/40 bergabung dengan kursi penumpang depan lipat yang tersedia, menciptakan lebih banyak ruang untuk barang-barang panjang seperti sampan. Sederhana, empat dial, desain cluster instrumen menampilkan dua layar LCD tambahan untuk komputer perjalanan atau odometer. Stack tengah disusun di sekitar sistem audio, dengan tombol-tombol besar dan bulat untuk kontrol suhu. Untuk drivetrain, xterra hanya tersedia hanya dalam satu konfigurasi, dengan e baru dikembangkan 4.0-liter V6 dengan variabel waktu camshaft dikawinkan dengan manual standar 6-speed atau opsi untuk otomatis 5-speed otomatis. Itu ditawarkan dengan pilihan drive 4-roda paruh waktu atau drive 2 roda.