General Motors memutuskan bahwa Astra 3 pintu tidak cukup meyakinkan untuk kliennya. Setelah generasi pertama versi GTC, ia memutuskan untuk melanjutkan Saga. Astra GTC diterima dengan baik pada tahun 2011 ketika diluncurkan di pasar Eropa. Ini diikuti pada jalur pendahulunya, yang diperkenalkan pada tahun 2005 pada platform Astra H. Dengan hasil yang melebihi harapan pendahulunya, Opel berani memperkenalkan generasi kedua untuk hatchback kompak tiga pintu pada tahun 2011. Di depan, desain lampu depan elang terlihat tajam, dan, bersama dengan gril yang luas dari celemek , itu menciptakan gambar yang agresif. Kaca depan disapu bahkan lebih dari Astra biasa, diikuti oleh atap pendek miring ke belakang. Tailgate panjang dengan bagian kaca depan yang tertutup bagian batang. Dilihat dari profil, bahu tinggi di atas roda belakang dan jendela samping belakang kecil menekankan tampilan sporty. Di dalam, ada dasbor Astra biasa. Klaster instrumen empat-dial menampilkan layar LCD antara tachometer dan speedometer. Kursi-kursi biasa pada versi dasar, tetapi sepasang tipe ember ada di daftar opsi. Hampir tidak ada kamar yang cukup untuk dua orang dewasa di belakang, tetapi kursi belakang bangku bisa dilipat untuk memperluas ruang bagasi. Untuk drivetrain, Opel menawarkan Astra GTC dengan pilihan bensin dan mesin diesel yang dipasangkan dengan transmisi manual atau otomatis.