Opel memperkenalkan generasi terakhir Rekord, atau Rekord E, pada tahun 1977 sebagai sedan, station wagon, atau gerobak stasiun tiga pintu. Dirancang sebagai sedan keluarga, Rekord adalah kendaraan yang sukses untuk pembuat mobil Jerman. Meskipun itu dilakukan di drivetrain dan suspensi dari pendahulunya, desainnya jauh lebih berevolusi dan membantu mobil menjual dalam jumlah besar. Model E1, sejak itu sebelum facelift 1982, menampilkan lampu depan kuadrat dan gril hitam dengan bilah horizontal di antara mereka. Kaca depan yang melanggar, melengkung dan sudut-sudut yang dihaluskan dikombinasikan dengan garis panjang dan lurus membuat mobil terlihat lebih kelas atas di segmen BMW 5-Series. Lampu belakang horizontal yang luas diiklankan sebagai ukuran keamanan canggih di belakang, dan begitu pula bumper chrome empuk karet. Di dalam, Opel memasang kursi ember di bagian depan dan bangku di belakang agar sesuai dengan lima penumpang berukuran dewasa di dalamnya. Cluster instrumen yang tampak persegi menampilkan tombol besar untuk speedometer dan tachometer dan dua alat pengukur tambahan untuk tangki bahan bakar dan suhu pendingin. Tim desain memasang enam bar cahaya di tengah panel instrumen untuk memperingatkan pengemudi tekanan oli rendah, pengisian baterai rendah, dll. Power windows dan sunroof ada di daftar opsi. Opel mengambil sebagian besar mesin dari model sebelumnya di bawah kap, rekord d, tetapi versi 1,7 liter dijatuhkan.