Berdasarkan underpinnings mekanis yang sama dengan Ford Mustang GT, Panoz Esperante 2000 memiliki harapan tinggi untuk mendapatkan sebagian besar pasar mobil olahraga AS, tetapi tidak. Produsen mobil Amerika merancang kendaraan di sekitar Komponen Mustang, dan hasilnya sangat bagus, tetapi awalnya sangat lambat, dan kurva belajar terlalu lama bagi beberapa pelanggan. Akhirnya, Esperante GT datang di pasaran pada tahun 2000 dan memberikan pengalaman Roadster yang tak tertandingi oleh mobil Amerika mana pun dari masa-masa itu. Pendiri perusahaan, Dan Panoz, menggunakan solusi balap untuk kendaraan jalanan. Dengan tubuh dan subframe aluminiumnya, Roadster sangat ringan di kakinya. Meskipun mesin V-8-nya, beratnya kurang dari mobil konversi di pasaran. Bodywork berbentuk aerodinamis menampilkan lampu sobek berbentuk air mata dan kubah daya di kap. Panoz mengirimkan aluminium hard-top untuk roadster, selain bagian atas standar. Di belakang, lampu belakang empat bundar menampilkan desain asli. Di dalam, pembuat mobil mengambil inspirasinya dari BMW Z8 dengan panel instrumen yang dipasang di tengah yang dipasang pada cluster instrumen yang menyerupai tata letak Ford Mustang yang lebih lama. Kursi ember yang didukung tinggi memberikan dukungan sampingan besar bagi kedua penghuni. Di bawah bodywork, panoz memasang lebih banyak komponen Ford Mustang. Itu tidak hanya membutuhkan mesin dan gearbox. Ini juga menggunakan suspensi belakang independen (IRS) dan sistem rem anti-kunci roda empat.