205 GTI adalah salah satu mobil terbesar yang pernah dibangun oleh Peugeot pembuat mobil Prancis. Itu berhasil di trek dan di pasar. Itu adalah mobil yang sangat penting, bahwa itu menjadi koleksi. 205 GTI diperkenalkan ke pasar sebagai versi teratas untuk Supermini Peugeot 205. Itu adalah mobil ringan, dengan sasis yang sangat seimbang yang dapat didorong keras di permukaan jalan mana pun. Itu disetujui untuk kompetisi di Grup N (modifikasi minimal) dan kelompokkan kategori untuk bersaing di kelas 2WD. Dari luar, 205 GTI tampak sederhana, dengan ujung miring. Evolusi selama 104 model. Tetapi ada sesuatu yang membuat mobil unik: lampu depannya dan jendela belakang. 205 GTI hanya tersedia dalam 3 pintu. Pilar C membentuk bentuk tertentu yang bisa diakui oleh penggemar mobil atau penggemar reli. Satu set roda paduan tertentu dirancang untuk 205 GTI. Di dalam, cluster instrumen, tuas roda gigi, dan pedal sama pentingnya dengan pengemudi ketika kursi tinggi yang didukung yang bisa membuatnya tetap di tempat. Berkat keseimbangannya, mobil bisa berteriak, netral, atau ditimpa tergantung pada pengemudi. Itu adalah mobil yang bisa membuat orang mengerti apa arti "lift-oversteer". Satu ketukan pada akselerator akan langsung menyeimbangkan mobil. Ada dua model GTI: mesin 1.6- dan 1,9 liter. Yang terakhir sama dengan yang pertama, tetapi dengan stroke yang lebih panjang. Ini menampilkan torsi yang lebih baik, tetapi tidak bahagia sebagai versi yang lebih kecil. Hanya ada 5 perbedaan HP di antara mereka dan perbedaan yang paling penting adalah rem cakram belakang untuk versi dengan mesin yang lebih besar.