Peugeot memperkenalkan 307 di pasar pada tahun 2001, sebagai pesaingnya di segmen kompak, dan terbukti berhasil. Kemudian, pada tahun 2005, itu menyegarkan seluruh lineup. Sementara sebagian besar pesaingnya sudah menyegarkan kendaraan kompak mereka untuk norma-norma polusi Euro 4 baru, Peugeot menunggu. Itu sudah memenuhi persyaratan wajib, dan yang harus dilakukan adalah memperkenalkan versi yang disegarkan lebih lambat daripada orang lain. Tiba-tiba, itu adalah mobil terbaru di pasaran. Itu adalah strategi yang bijak yang bekerja dengan baik. Selain itu, versi station-wagon-nya tersedia dengan atap kaca panorama. Itu adalah sesuatu yang tidak ditampilkan Ford, Volkswagen, atau Opel pada daftar opsi mereka. Desain 307 baru menampilkan gril hitam lebar di depan dan lampu depan lensa. Untuk kendaraan yang dilengkapi dengan lampu kabut, pembuat mobil Prancis itu memperkenalkan cincin krom di sekitar mereka. Kisi-kisi di kap terhapus dan menampilkan desain hidung yang disapu yang menyerupai mobil balap. Namun, itu tidak menggantikan cermin pintu, yang dipasang lebih dekat dengan pengemudi daripada pada pesaing lain dari segmen kompak. Bumper menampilkan potongan yang dalam di belakang, sehingga gerobak lebih mudah dimuat dan dibongkar. Peugeot bersikeras membuat mobil terlihat lebih stylish daripada para pesaingnya, memperkenalkan trim kayu di tumpukan tengah dan panel pintu, meskipun itu bukan pembuat mobil premium. 307 menawarkan sistem kontrol HVAC digital pada daftar opsi. Di bawah kap, Peugeot memasang berbagai pilihan mesin diesel dan bensin berkisar antara 90 hp dan 143 hp. Sebagian besar opsi mesin tersedia dengan gearbox otomatis.