Peugeot harus menggantikan yang sukses 405 dengan sesuatu yang lebih baik dan berhasil melakukan itu hanya pada tahun 1995 ketika meluncurkan 406 dan 406 istirahat yang diikuti pada tahun berikutnya. 406 adalah yang terakhir dari 'kendaraan menengah gaya 80-an di pasar Eropa. Bahkan Ford Sierra kuno digantikan oleh Mondeo, sementara Opel / Vauxhall dan Fiat sudah berada pada tahap facelift dengan mobil mereka. Peugeot menunggu sebentar, tetapi ketika itu memperkenalkan 406, itu menggerakkan pasar. Dalam bentuk stasiun-gerobak, ia menawarkan alternatif untuk segmen MPV. Dengan lampu depannya yang sempit dan grille slatted, 406 mengikuti beberapa isyarat desain dari keluarganya. Di sisi positifnya, itu menunjukkan profil yang elegan namun sporty, bahkan dalam bentuk stasiun-gerobak. Pegangan pintu dan cermin pintu berwarna tubuhnya dan strip karet pada bagian bawah membuat mobil lebih lama. Di belakang, jendela samping tambahan disapu ke depan, mengikuti garis paralel dengan tailgate. Di dalam, tren baru dengan tumpukan tengah diperpanjang di konsol tengah terisolasi pengemudi ke bagian kabinnya. Teknologi modern untuk waktunya, seperti kontrol iklim digital atau LCD di bagian bawah tombol, mengubah 406 menjadi gerobak keluarga modern. Di belakang, 406 gerobak menawarkan ruang yang cukup untuk hingga tiga penumpang dan batang besar, 526 liter (18,6 cu-ft) dengan semua kursi di tempat. Di bawah kap, Peugeot menawarkan hingga delapan pilihan mesin, tergantung pada pasar. Sementara pembuat mobil Prancis dipasangkan semua versi ke manual lima kecepatan standar, otomatis empat kecepatan tersedia untuk versi yang dipilih.