Sementara Sedan Peugeot 508 mungkin merupakan pengganti 407 dan 607, 508 SW jelas merupakan penerus 407 SW. Pembuat mobil Prancis memiliki sejarah panjang dengan gerbong stasiun di belakangnya, dan itu tidak ingin menyerah pada mereka pada 2010 ketika itu memperkenalkan 508 SW. Tetapi Sochaux Lion tidak memikirkan bodywork semacam itu sebagai kendaraan keluarga biasa dengan batang yang lebih besar. Ini menganggapnya sebagai kendaraan yang cocok untuk waktu luang. Selain itu, itu tersedia dengan fitur-fitur yang tidak termasuk dalam daftar opsi sedan. Dari luar, 508 SW menyimpan sebagian besar bagian depannya dari Sedannya ke B-Pillar. Di belakang itu, itu mengubah segalanya. Pertama-tama, tim desain memperpanjang atap ke sedikit kemiringan menuju punggung mobil. Pilar-D disapu ke depan dan memasang spoiler atap di atas bak truk. Berbeda dengan sedan, SW tersedia dengan atap kaca panorama, yang membawa lebih banyak cahaya di dalam mobil. Interior menampilkan dasbor yang terinspirasi Jerman, dengan layar infotainment ditempatkan di penampang antara tumpukan tengah dan panel horizontal. Di dalam instrumen cluster Peugeot menginstal empat ganti besar untuk speedometer dan tachometer, dan alat pengukur untuk tingkat bahan bakar dan suhu pendingin di antara mereka, di atasnya. Sesuatu "audies," tetapi itu bekerja dengan baik. Berbeda dengan sedan, versi SW menampilkan bangku belakang split-lipat yang memperluas ukuran bagasi dari 530 liter (18,7 cu-ft) hingga 1780 liter (62,9 cu-ft) untuk versi 2WD. Peugeot menggunakan Platform EMP2 untuk 508 SW, yang dibangun untuk mendapatkan mesin bensin dan diesel. Versi hybrid dengan sistem all-wheel-drive juga tersedia.